Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unit 3 dan 4 PLTU Asam-Asam Beroperasi Penuh

Kompas.com - 24/05/2013, 16:51 WIB
Adi Sucipto

Penulis

TANAH LAUT, KOMPAS.com — Tambahan dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam-Asam di Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, mampu dioperasikan dengan kapasitas penuh 65 megawatt bahkan hingga 70 mw per unit.

Saat ini PLTU Asam-Asam memiliki empat unit pembangkit, yakni unit 1, 2, 3, dan 4. Unit 5 dan 6 tinggal menunggu pembangunannya saja karena lahannya telah siap.

Asisten Manager Operasi PLTU Asam-Asam, Gatut Pujo Pramono menjelaskan, unit 3 dan 4 sudah mulai dioperasikan sejak April lalu dan akan diresmikan oleh Wakil Presiden Boediono pada 30 Mei. Saat ini yang beroperasi tiga unit, yakni unit 1 dengan 63 mw, unit 3 dan 4 bisa dimaksimalan 65 mw hingga 70 mw. "Unit 2 sementara sedang dalam perbaikan dan pemeliharan," kata Gatut, Jumat (24/5/2013).

Menurut dia, apabila dioperasikan semua empat unit yang ada, maka akan ada daya 4x65 mw (260 mw). Beban puncak pemakaian listrik ke wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah mencapai 380 mw. "Kami memasok 67 persen dipasok dari PLTU Asam-Asam selebihnya dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Pembangkit Listrik Tenaga Air," tuturnya.

Asisten Manajer Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Transmisi dan Jaringan Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah, Isfa Firma Zona, menjelaskan, PLTU Asam-Asam unit 3 dan 4 sudah stabil dan mendapatkan sertifikat layak operasi sejak April lalu, tinggal pengalihan penanganan penuh dari kontraktor ke PT PLN. Pihaknya saat ini sudah menyelesaikan 327 menara transmisi dari Asam-Asam ke Batulicin.

"Kendalanya terkait pembebasan lahan dan penebangan pohon yang dikhawatirkan mengganggu jaringan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com