Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Gelar "Happening Art" Kenang Hilangnya Wiji Thukul

Kompas.com - 22/05/2013, 21:17 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com — Puluhan mahasiswa menggelar happening art mengenang Wiji Thukul, aktivis yang hilang di masa Orde Baru 15 tahun lalu. Aksi yang digelar di depan kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Rabu malam (22/5/2013) tersebut diikuti belasan mahasiswa yang duduk melingkari dua buah foto Wiji Thukul. Di sekitarnya, mahasiswa menyalakan belasan obor sebagai pembatas tempat aksi dengan jalan raya.

Dalam peringatan hilangnya Wiji Thukul, mahasiswa membacakan puisi-puisi karya Wiji Thukul seperti Peringatan, Bunga dan Tembok, serta Nyanyian Abang Becak.

"Saya sangat terharu. Di saat Mas Wiji sudah mulai dilupakan, namun justru masih ada mahasiswa yang mencoba mengenang semangat Wiji dalam melakukan perlawanan," kata Hafiz, salah satu sahabat Wiji Thukul yang turut hadir di acara tersebut.

Sementara itu, menurut Sholeh Febriyanto, acara ini sebagai wujud apresiasi terhadap reformasi 1998. "Dan kita mendesak pemerintah untuk mengungkap pelaku penghilangan Wiji Thukul," kata Sholeh, koordinator aksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com