Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai Kapan Warga Syiah Sampang Mengungsi?

Kompas.com - 14/04/2013, 14:56 WIB
Dian Maharani

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sejak insiden Sampang, Madura, Jawa Timur, yang menewaskan dua warga dari kelompok Islam Syiah pada 26 Agustus 2012, warga Syiah masih mengungsi di Gelanggang Olahraga (GOR) Sampang hingga hari ini. Belum ada solusi untuk mengembalikan mereka ke tempat asal.

"Sekitar 500 orang yang masih ada di GOR itu. Anggota kita ada 200 yang masih mengamankan di sana," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Komisaris Besar Hilman Thayib, Sabtu (13/4/2013) di Surabaya.

Bukan tanpa alasan warga Syiah masih bertahan di GOR selama 8 bulan. Hilman mengatakan, mereka sebenarnya ingin kembali ke tempat tinggalnya di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Sampang. Namun, ada penolakan dari kelompok Sunni. Jika kembali, dikhawatirkan akan ada bentrok lagi.

"Paham Sunni ini tidak mau terima. Mereka (Syiah) boleh pulang kalau kembali ke paham Sunni. Ya, mereka juga enggak mau," katanya.

Tawaran pemerintah setempat untuk merelokasi dari Sampang juga ditolak kelompok Syiah. Tempat tinggal warga Syiah di Sampang saat ini kosong sebab saat insiden itu rumah mereka dirusak dan dibakar.

Wakil Kepala Polda Jawa Timur Brigadir Jenderal (Pol) Moechgiyarto mengatakan, sebagai solusi terakhir, polisi ingin mengembalikan warga Syiah ke tempat asalnya. Jaminan keamanan juga akan diberikan pihak kepolisian. "Sedang kita cari penyelesaian yang baik bagaimana. Salah satunya merelokasi, tapi mereka tidak mau. Ide terakhir, kita siapkan Brimob untuk jaga," katanya.

Namun, mengembalikan kelompok Syiah ke desanya dinilai berisiko jika masih ada perbedaan pandangan antara Syiah dan Sunni. Kepolisian berharap ada keputusan tegas dari pemerintah terhadap kasus ini. Pihak terkait hendaknya kembali turun untuk melakukan pendekatan dialogis terhadap kelompok Syiah dan Sunni.

Sampai kapan kelompok Syiah tinggal di GOR? Kepolisian tak punya jawaban pasti. "Sampai sekarang belum ada keputusan tegas dari pemda," ujar Hilman.

Berita terkait lainnya:

Warga Syiah Sampang Terancam Kelaparan
Nasib Pengungsi Syiah Sampang, ke Mana Pemerintah?
Pengikut Syiah Ditekan Tinggalkan Keyakinannya
Warga Syiah Rayakan Idul Adha di Penampungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com