Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Ambruk, Puluhan Pelajar Terhambat Sekolah

Kompas.com - 01/04/2013, 19:45 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Puluhan pelajar asal Desa/Kecamatan Pasirwangi, Garut, terhambat pergi ke sekolahnya akibat sebuah jembatan penghubung antar-desa melalui Jalan Raya Pasirwangi, ambruk terbawa arus sungai sejak Minggu (31/3/2013) malam. Jembatan itu merupakan akses jalan bagi para siswa dan warga setempat ke wilayah perkotaan.

"Beruntung saat jembatan ambruk, tidak ada kendaraan atau warga yang melewati jembatan itu," jelas Mamay (32), salah warga setempat sekaligus saksi mata kejadian kepada wartawan, Senin (1/4/2013).

Mamay mengatakan, setiap harinya akses jalan digunakan warga setempat dan para pelajar untuk menuju wilayah perkotaan. Setelah jembatan ambruk, warga dan para pelajar terpaksa memutar arah melalui pegunungan untuk bisa sampai ke perkotaan. Namun, tentunya harus menempuh jarak yang lebih jauh.

"Jembatan ambruk ini akibat curah hujan tinggi dan pinggiran tanah sungai longsor akibat air meluap," kata Mamay.

Siti Mariah (14), salah seorang siswa SMP Negeri Pasirwangi, berharap jembatan ambruk segera diperbaiki. Pasalnya, dirinya bersama temannya terpaksa memutar arah melalui pegunungan untuk bisa sampai ke sekolah. "Biasa kalau lewat jembatan hanya butuh 20 menit pakai motor. Sekarang saya ke sekolah bisa butuh waktu satu jam, soalnya jalannya memutar lewat gunung," kata Siti.

Jembatan Jalan Pasirwangi yang panjangnya sekitar 25 meter itu belum lama ini diperbaiki. Soalnya, kejadian jembatan ambruk bukan kali pertama terjadi. Beberapa tahun lalu, jembatan ini pun mengalami hal sama akibat tanah si pinggir sungai labil dan menyebabkan longsor. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com