Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokon Lontarkan Debu Vulkanis Setinggi 2.000 Meter

Kompas.com - 25/03/2013, 06:45 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Gunung Lokon di Kota Tomohon kembali meletus pagi ini, Senin (25/3/2013) sekitar pukul 05.10 Wita dengan melontarkan debu vulkanis ke udara setinggi 2.000 meter.

"Letusannya disertai dengan dentuman suara dan lontaran material pijar. Abu letusan condong ke arah Tenggara dan kemungkinan abunya jatuh di sekitar Tomohon," ujar Danramil Kota Tomohon Kapten Kaveleri Ahmad Nurdin kepada Kompas.com.

Namun menurut Nurdin letusan Lokon ini tidak sampai menggangu aktifitas warga pada umumnya. "Hingga sekarang letusannya masih berlangsung walau dalam skala yang lebih kecil, Warga tetap beraktifitas sebagaimana biasanya. Status Lokon tetap siaga level 3," tambah Nurdin.

Sebelumnya Kepala Pos Pemantau Gunung Berapi Lokon Farid Ruskanda Bina mengatakan, pada pukul 04.53 Wita Lokon sempat meletus sebanyak 4 kali letusan abu. Farid meminta masyarakat tetap waspada, dan menjauhi daerah dalam radius 2,5 Km dari kawah Tompaluan.

"Jangan dulu beraktivitas dalam daerah itu sebab masih berbahaya dan mengancam keselamatan," ujar Farid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com