Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Natuna Tawarkan Insentif Pajak

Kompas.com - 05/03/2013, 11:26 WIB
Kris R Mada

Penulis

 

NATUNA, KOMPAS.com- Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menawarkan insentif bebas pajak lima tahun bagi investor. Selain itu dijanjikan pula kemudahan pengurusan investasi.

Bupati Natuna, Ilyas Sabli mengatakan, Natuna membutuhkan banyak investor untuk memajukan kabupaten terdepan di wilayah barat Indonesia itu. Karena banyak keterbatasan, belum banyak investor masuk.

"Karena itu kami menawarkan insentif bebas pajak lima tahun," ujarnya, Selasa (5/3/2013) di Natuna.

Pemkab Natuna juga menjanjikan pengurusan perizinan tuntas dalam seminggu. Investor dapat segera memulai usaha. "Natuna terutama membutuhkan investor untuk pengolahan hasil laut seperti ikan, kerang, dan rumput laut. Investasi juga dibutuhkan untuk mengembangkan potensi wisata laut di Natuna," ujarnya.

Namun, diakui tidak mudah menarik investor ke Natuna. Banyak calon investor batal datang karena fasilitas pendukung belum memadai. "Banyak menolak secara halus setelah tahu hanya bisa naik pesawat baling-baling kalau mau ke Natuna. Apalagi, tahu penerbangan lewat laut. Sampai di sini, belum ada hotel yang layak untuk standar investor," ujarnya.

Karena itu, Natuna tengah mendorong frekuensi penerbangan pesawat jet ditingkatkan lebih dari sekali. Saat ini tengah dibangun ruang tunggu di Bandara Ranai. "Sekarang tidak ada ruang tunggu memadai di bandara," tuturnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com