Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Jadi Kolam, Belajar Siswa Terganggu

Kompas.com - 26/01/2013, 14:38 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com—Halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ambat II, Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, sepekan terakhir berubah fungsi menjadi kolam air. Air yang menggenangi halam sekolah tersebut berasal dari persawahan penduduk yang lokasinya lebih tinggi dari halaman sekolah.

Hasan Basri, salah satu guru di SDN Ambat II, Sabtu (26/01/2013) mengatakan, genangan air itu menghambat kegiatan belajar mengajar siswa, terutama pada hari Senin. Siswa dan guru di hari Senin harus melakukan upacara bendera rutin di halaman sekolah, tapi akhir-akhir ini sudah tidak pernah ada lagi.

"Mau upacara dimana kalau sudah jadi kolam air sekolah ini. Anak-anak ke sekolah pun banyak yang pakai sandal kalau sepatunya basah," terangnya.

Selain upacara bendera, kegiatan olahraga yang rutin dilaksanakan juga menjadi terhambat. "Sementara waktu untuk kegiatan olahraga tidak ada sampai genangan air betul-betul habis terserap tanah," imbuhnya.

Masalahnya, menurut Hasan, sampai kapan genangan air di sekolah tersebut bisa diatasi. Menurutnya, cara yang bisa menyelesaikan masalah banjir adalah dengan menguruk halaman sekolah agar setara dengan posisi sawah. Kalau dibiarkan tanpa ada solusi, maka genangan akan terus terjadi.

Diakui pria yang juga guru agama di sekolah tersebut, di kanan kiri sekolah juga tidak ada saluran tempat pembuangan air. "Air ini akan habis dengan sendirinya. Begitulah kebiasaan setiap kali terjadi hujan," ujarnya.

Meskipun dalam kondisi demikian, kegiatan belajar di kelas tetap berlangsung seperti biasa. Guru dan murid masuk tepat waktu dan pulang sekolah tepat waktu pula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com