Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 100 Instansi Gunakan Layanan LPSE Jabar

Kompas.com - 13/01/2013, 14:24 WIB
Dedi Muhtadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Balai Layanan Pengadaan Barang/Jasa secara Elektronik (LPSE) Jawa Barat mengajak instansi pemerintah menggunakan layanan pengadaan barang secara elektronik atau electronic procurement (e-proc).

LPSE Jabar menyediakan pelatihan secara gratis bagi personel yang nantinya diperlukan untuk mengelola LPSE.

"Hingga awal 2013 ini sudah lebih dari 100 instansi menggunakannya melalui 17.000 penyedia layanan," kata Kepala Balai LPSE Jabar Ika Mardiah di Bandung, Minggu (13/1/2013).

Menurut pengalaman dia, sejak diterapkan tahun 2008, layanan ini hingga awal 2013 menghasilkan efisiensi Rp 1,6 triliun melalui 11.000 transaksi.

Ika Mardiah menyatakan, situs LPSE Jawa Barat juga dapat digunakan oleh unit layanan pengadaan (ULP) memuat lelang non-e-proc atau lelang yang masih dilaksanakan secara konvensional.

Selain itu, penyedia barang/jasa juga dapat melakukan pencarian di fitur "cari lelang non Eproc".

Hal itu,dimungkinkan setelah LPSE Jabar menaikan kapasitas sistemnya ke versi 3.2 sebagai penyesuaian terhadap Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Beberapa instansi telah memanfaatkan fitur tersebut, seperti Unpad Bandung, RS Mata Cicendo, Polres Purwakarta, Balai Diklat Petanian Sukamandi Kementerian Pertanian, serta Dinas Tata Kota dan Permukiman Kabupaten Bekasi.

Untuk mengantisipasi peningkatan pengguna dan bergabungnya instansi vertikal, Balai LPSE Jabar terus meningkatkan kemampuan personelnya dan peralatan pendukung.

Seperti diinstruksikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, yang biasa dijuluki Aher dan kembali mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jabar, LPSE Jabar harus siap melayani dan memberikan bantuan untuk memfasilitasi ataupun mempersiapkan instalasi LPSE di kabupaten dan kota.

Bahkan secara nasional, LPSE Jabar siap membantu provinsi lain. Provinsi Kalimantan Selatanm misalnya, sudah meminta bantuan personil LPSE Jabar menginstalasi server dan jaringan LPSE-nya.

Ika menambahkan, selain datang untuk verifikasi, rekanan juga mengikuti bimbingan teknis yang dilaksanakan setiap Rabu. Pesertanya pun cukup banyak.

Kapasitas ruangan pelatihan di Balai LPSE, yang hanya mampu menampung 20 peserta, sering kali dipenuhi hingga 30 peserta. Karena itu, Balai LPSE membuka ruang pelatihan baru untuk menambah kapasitas.

"Kami terus meningkatkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, sarana dan prasarana, serta kemampuan SDM pengelola," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat Dudi Sudrajat yang membawahi LPSE Jabar.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com