Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Banjir, Sungai Dangkal Mulai Dikeruk

Kompas.com - 31/12/2012, 11:13 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Mengantisipasi banjir yang disebabkan meluapnya air sungai, aktivitas pengerukan mulai dilakukan di beberapa ruas sungai di Jawa Timur. Sebanyak 10 unit alat berat dioperasikan untuk aktivitas pengerukan.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Dinas PU Pengairan Provinsi Jatim, Sunoko merinci, 10 alat berat tersebut terdiri dari 7 unit eksavator, 1 unit truk trailer, dan 2 unit buldoser. ''Alat-alat berat tersebut dioperasikan di beberapa titik sungai yang rawan meluap di 38 kabupaten/kota di Jatim,'' katanya dikonfirmasi, Minggu (30/12/2012).

Sungai-sungai yang dikeruk tersebut antara lain, sungai Bedadung Bondoyudhi (Jember), Welang Rejoso (Pasuruan), Kemuning (Sampang), Semajid (Pamekasan), dan sungai Pesisih (Probolinggo). '

'Pengerukan juga dilakukan di cabang sungai Bengawan Solo di kawasan Bojonegoro, Tuban dan Lamongan yang diprediksi menerima luapan air saat intensitas hujan tinggi,'' tambahnya.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, puncak curah hujan di Jatim akan terjadi pada pertengahan Januari 2013. Saat itu, sejumlah daerah di Jatim diprediksi akan dilanda banjir jika intensitas hujan yang turun di Jawa Timur mencapai 300 Ml hingga 400 Ml per bulan.

Selain mengeruk sungai, pihaknya juga melakukan operasi bendung gerak dengan menutup dan membuka bendungan sesuai kebutuhan; optimalisasi sistem pompa untuk daerah dataran rendah, serta; membuat tanggul-tanggul buatan nonpermanen untuk mengantisipasi luapan air sungai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com