Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Anarkisme Agama lewat Seminar Kebangsaan

Kompas.com - 27/12/2012, 15:56 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com -- Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Semarang menggelar seminar kebangsaan dan konsolidasi pelajar, santri, dan pemuda se-Kabupaten Semarang, di aula kantor MWC NU Kabupaten Semarang, Kamis (27/12/2012) siang.

"Acara ini kami maksudkan untuk membendung usaha-usaha gerakan anarkisme beragama yang akhir-akhir ini mulai berkembang di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Semarang. Untuk itu dibutuhkan konsolidasi dari semua pihak, khususnya NU dan banomnya (badan otonom, red) dalam rangka menjaga kondusivitas dan kedamaian dalam menjalankan keberagamaan tanpa ada pemaksaan agama dan kekerasan atas nama agama," kata Anas Maulana, ketua IPNU Kabupaten Semarang.

Seminar dengan tema "Menggagas Menasionalismekan Beragama, Membingkai Perbedaan Keberagamaan dalam Ke-Indonesiaan" tersebut menghadirkan pembicara Ir H.Warnadi M.M (Wakil Bupati Semarang), Ahmad Hanik (Sekretaris PCNU Kabupaten Semarang) dan KH Yusuf Chudori (intelektual muda NU/ pengasuh Ponpes API Tegalrejo Magelang).

"Peserta sekitar 200 orang dari perwakilan pelajar, santri dan pemuda se-Kabupaten Semarang yang mewakili sekolah, pemuda masjid, pemuda lintas agama dan santri pondok pesantren," ungkap Anas.

Dengan kegiatan tersebut, lanjut Anas, pihaknya ingin meneguhkan sikap dan pendirian para pelajar dan santri NU untuk tetap memiki kesadaran bahwa sesungguhnya tidak ada yang perlu dipertentangkan dalam perbedaan keberagamaan selama semuannya memiliki satu perspektif yang sama dalam memandang agama, yakni keindonesiaan dan Pancasila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com