Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Kristiani Diminta Peduli terhadap Lingkungan

Kompas.com - 25/12/2012, 11:33 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com — Umat Kristiani di Indonesia diminta peduli terhadap lingkungan sekitar.

Kasih Natal di tengah kondisi kerusakan lingkungan saat ini semestinya diwujudkan dalam setiap perilaku yang peduli terhadap kelestarian alam.

Demikian dipesankan Romo Yohanes Lasono Wibowo dalam homili di Gereja Santo Yosep, Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa  (25/12/2012).

"Kasih Natal semestinya tak dimaknai sempit sebagai pesan kedamaian antarsesama manusia, tetapi lebih luas bagi lingkungan hidup," ujarnya.

Kasih Natal bisa diwujudkan dalam hal-hal kecil, seperti menanam pohon, hemat air, hingga hemat listrik.

Umat di lingkungan Paroki Santo Yosep bahkan dianjurkan menanam pohon di halaman rumahnya.

"Kalau dulu masyarakat rebutan makanan, bukan tidak mungkin sebentar lagi kita bisa saling berebut oksigen," ujar Romo Wibowo yang juga adalah Romo Paroki St Yosep tersebut.

Dia mencontohkan, jika masing-masing umat di lingkungan Paroki St Yosep menanam 10 pohon di rumahnya, maka dari 1.000 umat di lingkungan paroki tersebut sudah menyumbang 10.000 pohon yang dapat memberikan udara segar bagi lingkungan sekitar.

Selain itu, umat Kristiani hendaknya juga menyatu di tengah masyarakat yang heterogen dan menjadi pembawa damai, pembawa kesejukan di tengah dunia yang semakin meninggalkan semangat kasih.

Perayaan Natal di Paroki St Yosep Purwokerto Timur yang masuk di Keuskupan Purwokerto dilangsungkan empat kali. Pada Sabtu malam sebanyak dua kali dan pada hari Minggu sebanyak dua kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com