Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Brigadir Winarto Diterbangkan ke Boyolali

Kompas.com - 21/12/2012, 15:38 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com - Jenazah Brigadir Anumerta Winarto, anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah yang tewas ditembak kelompok bersenjata di Poso, Sulawesi Tengah, kemarin, Jumat (21/12/2012) ini diterbangkan di kampung halamannya di Boyolali, Jawa Tengah (bukan Makassar seperti diberitakan sebelumnya-red).

Jenazah Winarto diterbangkan dengan menumpang penerbangan komersial milik Batavia Air sekitar pukul 14.00 WITA. Sebelumnya, dua jenazah anggota Brimob Polda Sulteng yang gugur, yakni Brigadir Anumerta Ruslan dan Brigadir Anumerta I Wayan Putu Aryawan sudah diterbangkan pagi tadi dengan menumpang pesawat komersial Lion Air menuju kampung halamannya masing-masing di Makassar, Sulawesi Selatan dan Denpasar, Bali.

Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Dewa Parsana menyampaikan duka mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan. Menurutnya kasus yang menimpa anggota Polri ini adalah kasus kekerasan yang sifatnya khusus. "Inilah yang harus kita sadari bersama dalam menangani kasus yang bersifat khusus ini, di samping kita melakukan penegakan hukum dengan menggunakan senjata, tapi perlu juga menanganan yang lebih konprehensif atau lebih lunak," kata Dewa Parsana.

Menurut Dewa, para pelaku kekerasan yang membabi buta karena mereka memiliki faham dan doktrin tertentu di dalam dirinya. "Paham dokrin ini memerlukan lintas fungsi dan lintas sektoral. Bagaimana menetralkannya ya kita perlu diskusi. Tidak hanya melibatkan polisi melainkan masyarakat juga terlibat didalamnya. Agar letupan-letupan yang terjadi tidak tambah parah," kata Dewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com