Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.150 Polisi Amankan Pengundian Nomor Urut Pilgub Jabar

Kompas.com - 17/12/2012, 16:50 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Jabar dan Polrestabes Bandung menyiapkan 1.150 personel untuk pengamanan acara pengundian nomor urut calon gubenur dan wakil gubernur Jawa Barat 2013 - 2018 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Jawa Barat, pada Selasa, (18/12/2012) besok.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Martinus Sitompul kepada Kompas.com, Senin (17/12/2012). "Kita siapkan 1.150 personel untuk pengamanan acara pengundian Pilgub Jabar 2013 di Sabuga, besok," kata Martinus.

"Kita siaga. Para personel akan ditempatkan menjaga pengamanan di beberapa titik, indoor dan outdoor," Martinus menegaskan.

Acara pengundian dan penetapan nomor urut pasangan cagub dan cawagub di Sabuga, akan disiarkan secara langsung oleh jaringan KompasTV, selaku official TV partner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat. Siaran langsung itu dimulai pukul 19.30 - 21.00 WIB.

Perlu diketahui, siaran langsung tersebut merupakan peluncuran program KompasTV "Menuju Jabar Satu".

Acara tersebut dipastikan bakal dihadiri ribuan orang karena KPUD Jabar mengundang berbagai kalangan, seperti organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat (LSM). Para pasangan cagub dan cawagub juga diizinkan membawa pendukung masing-masing, tetapi jumlahnya dibatasi 200 orang per pasangan.

Pada Jumat (14/12/2012), Komisioner KPUD Jabar Aang Ferdhiman mengatakan, pada dasarnya didedikasikan untuk masyarakat Jabar dengan konsep "pesta rakyat".

"Pesta rakyat ini bukan untuk perang, tapi untuk mengetahui siapa pemimpin kita yang pantas untuk dipilih sehingga kita libatkan elemen masyarakat," jelas Aang di kantor KPUD Jabar, Jalan Garut, Bandung, Jawa Barat.

Menurutnya, pelibatan elemen masyarakat ini juga dimaksudkan untuk mensosialisasikan peserta pemilihan Gubernur Jabar. "Ini juga merupakan sosialisasi kepada masyarakat, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya golput," katanya.

Diberitakan sebelumnya, KPUD Jabar sudah menetapkan lima pasangan calon peserta Pilgub Jabar, yakni Ahmad Heryawan - Deddy Mizwar, Rieke Diah Pitaloka - Teten Masduki, Dede Yusuf Macan Efendi - Lex Laksamana, Irianto MS. Syafiuddin (Yanceu) - Tatang Farhanul Hakim, dan satu-satunya pasangan independen, yakni, Dikdik Mulyana Arif Mansyur - Cecep NS Toyib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com