Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pekan, Ribuan Pengendara Kena Tilang

Kompas.com - 14/12/2012, 17:25 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Operasi Zebra yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas Polresta Medan selama dua pekan terakhir menjaring ribuan pengendara sepeda motor dan mobil yang tidak taat peraturan lalu lintas. Ribuan surat tilang dikeluarkan terhadap para pengendara yang rata-rata kesalahannya tidak memakai helm dan tidak menghidupkan lampu di siang hari.

"Operasi Zebra yang dilaksanakan sesuai instruksi Kapolda Sumut selama dua pekan, Satlantas Polresta Medan telah mengeluarkan ribuan surat tilang pengendara yang didominasi pengendara sepeda motor," kata Kasat Lantas Polresta Medan Kompol M Risya Mustario SH Sik, Jum'at (14/12/2012).

Masih kata Kasat, setelah operasi ini selesai, pihaknya akan menggelar Operasi Lilin mulai 23 Desember 2012 hingga 2 Januari 2013. Sasarannya adalah rumah ibadah seperti gereja dan tempat kebaktian, ditambah pengamanan jalan menuju tempat-tempat liburan seperti jalan menuju Hill Park di Sibolangit. Pos dan personel kepolisian sudah mulai disiagakan di kawasan Pancur Batu.

"Operasi Lilin menurunkan 300 personel dari Satlantas Polresta Medan ditambah 300 personel dari Dirlantas Polda Sumut untuk mengamankan jalur menuju tempat liburan seperti daerah Pancur Batu dan gereja-gereja. Hal itu untuk memberi kenyamanan kepada pengguna jalan. Operasi ini juga kami sebut sebagai operasi kemanusiaan," paparnya.

Risya mengimbau kepada seluruh pengendara roda dua untuk menghidupkan lampunya di siang dan melengkapi surat-surat kendaraannya saat bepergian, serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com