Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkalan Mencekam, Razia Digelar di Jembatan Suramadu

Kompas.com - 10/12/2012, 17:02 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan petugas gabungan Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Polsek Kenjeran Surabaya menggelar razia di pintu masuk gerbang tol Suramadu, Senin (10/12/2012). Razia ini sebagai langkah antisipasi kedatangan massa pendukung salah satu pasangan calon bupati/wakil bupati Bangkalan dari Surabaya.

Puluhan petugas bersenjata lengkap itu menghentikan semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang akan memasuki pintu gerbang tol Suramadu. Selain surat kelengkapan kendaraan, polisi juga memeriksa semua barang bawaan yang berpotensi menimbulkan kejahatan seperti senjata tajam dan sejenisnya.

''Kita tahu bahwa banyak warga Madura khususnya Bangkalan yang tinggal di Surabaya. Razia ini sebagai upaya melokalisir massa pendukung agar tidak semakin banyak berkumpul di Bangkalan,'' kata Kabag Operasional Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kompol Hadi Santoso.

Hingga H-2 pemungutan suara, kondisi keamanan di Bangkalan masih mencekam. Massa dari pendukung Imam Bukhori Kholil-Zaini Alim terlibat bentrok dengan petugas di depan kantor KPU Bangkalan. Bahkan dikabarkan sebuah pos polisi saat ini ludes dirusak massa.

Mereka memprotes keputusan KPU Bangkalan yang mencoret pasangan Imam-Zain yang didukung koalisi Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) dan Partai Persatuan Nasional (PPN). Pasangan Imam-Zain dicoret KPU setelah gugatan pengurus lama DPD Partai Persatuan Daerah (PPD) Bangkalan dikabulkan PTUN Surabaya. Isi gugatan meminta PTUN agar pasangan Imam-Zain didiskualifikasi karena mendaftarkan diri sebagai calon menggunakan partai PPN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com