Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mogok Jualan, Pedagang Tuntut Daging Impor

Kompas.com - 26/11/2012, 23:07 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Seluruh pedagang daging sapi Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, serentak mogok jualan selama tiga hari ke depan. Mereka meminta kepada pemerintah untuk memasok daging impor lagi, karena selama ini pasokan daging sapi lokal ke Tasikmalaya sangat minim.

"Biasanya kan seharinya ke Pasar Cikurubuk dipasok bisa sampai 60 ekor sapi kepada para pedagang. Sekarang hanya ada 15 ekor saja. Harga pun otomatis naik dan pembeli berkurang. Ini sudah keterlaluan, jadi kami semua sepakat untuk mogok dagang selama tiga hari ke depan," jelas Ketua Asosiasi Pedagang Daging Sapi Pasar Cikurubuk Trisna, Senin (26/11/2012).

Dikatakan Trisna, aksi mogok dagang dimulai hari ini. Semua pedagang di pasar ini sepakat semua tak berdagang. Aksi ini merupakan protes para pedagang akibat distribusi sapi berkurang setelah dihentikannya pasokan sapi impor, Sehingga harga daging sapi mengalami kenaikan.

"Di Pasar Cikurubuk harganya mencapai Rp 75 sampai 80 ribu per kilogramnya," ujar dia.

Akibat mogok pedagang daging sapi ini, deretan kios daging sapi pun tutup, dan tak ada satu pun yang buka. Bahkan, di beberapa kios ditempel tulisan protes mahalnya daging sapi. Para pedagang menilai kondisi ini hanya akan merugikan mereka. Selain itu, terlihat beberapa calon pembeli daging sapi kembali lagi setelah menghampiri dan mengetahui semua kios daging sapi di pasar itu tutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com