Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karya Ilmiah Siswa di Jateng Dilombakan

Kompas.com - 31/10/2012, 11:21 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Sejumlah penemuan karya ilmiah dari siswa di Jawa Tengah dikompetisikan dalam Olimpiade Penemu 2012 di Taman Pintar, Kota Semarang, Rabu (31/10/2012).

Lomba peneliti muda ini merupakan seleksi nasional untuk menjadi wakil dari Indonesia ke kompetisi tingkat Asia Pasifik.

Penyelenggaraan Olimpiade Penemu 2012 diikuti 48 siswa dengan usia dari 13-18 tahun.

Mereka berasal dari sejumlah sekolah swasta dan negeri dari Jawa Tengah. Bidang yang dilombakan antara lain matematika, fisika, Ilmu komputer, dan ekologi. Mereka akan memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu.

Dalam ajang ini, para siswa tersebut memaparkan hasil penelitian mereka di depan juri. Penilaian karya siswa ini sangat ditentukan oleh logika berpikir serta prospek aplikasi.

Sebagian dari mereka mulai mengembangkan penelitian dalam bidang energi terbarukan. Seperti Avip dan Okki, dua siswa SMA 1 Kudus, meneliti tentang pembangkit listrik tenaga ombak.

"Kami melihat potensi laut Indonesia sangat luar biasa untuk pengembangan pembangkit listrik," kata Avip.

Apalagi ancaman krisis energi menjadi isu yang menarik bagi siswa lain, misalnya tentang pengembangan bioetanol dari alga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com