Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Kendal Ingin Seperti di Singapura

Kompas.com - 23/10/2012, 13:31 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Pelabuhan Wonorejo, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah harus seperti pelabuhan yang ada di Singapura. Untuk itu kedalaman pelabuhan minimal harus 15 meter.

Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Bayu Kresnamurthi saat mengunjungi pelabuhan Wonorejo, Selasa (23/10/2012). Bayu menegaskan, apabila pelabuhan Kaliwungu ini bisa seperti pelabuhan Singapura, maka harus dijadikan pelabuhan ekspor, sehingga akan mendatangkan omzet yang sangat besar.

"Kalau mau maju dan mendatangkan pendapatan yang tinggi bagi Kendal, khususnya, dan Jawa Tengah, harus dibuat seperti pelabuhan Singapura," kata Bayu yang didampingi Bupati Kendal Widya Kandi Susanti beserta Kepala Dinas Perhubungan Kendal Subarso.

Sementara itu, Bupati Kendal Widya Kandi Susanti mengaku pihaknya bercita-cita menjadikan pelabuhan Kaliwungu Kendal menjadi pelabuhan nasional bahkan Internasional. Dengan demikian, hal itu bisa berdampak positif, khususnya bagi masyarakat Kendal. 

"Kalau pelabuhan Kaliwungu ini menjadi pelabuhan nasional bahkan Internasional, maka masyarakat Kendal bisa makmur. Apalagi, kalau nanti kawasan ekonomi khusus yang ada di sekitar pelabuhan sudah jadi," kata Widya. Untuk itu, Widya meminta kepada semua masyarakat Kendal supaya mendukungnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kendal Subarso mengaku, pelabuhan Kaliwungu kalau tidak ada perubahan akan difungsikan pada tahun 2013. Saat ini sedang dilakukan perbaikan fasilitas pendukung, seperti pembangunan jalan pelabuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com