Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kapal Roro Bersenggolan di Bakauheni

Kompas.com - 21/10/2012, 18:35 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com -- Dua kapal roll on roll off (roro) yang melayani rute Bakauheni - Merak bersenggolan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (21/10/2012) pukul 16.10 WIB. Keduanya adalah KMP Caitlyn dan KMP BSP III.

Peristiwa ini terjadi di sekitar areal Dermaga Plengsegan dan Dermaga I Bakauheni. "Karena terbawa arus, KMP BSP III yang mau sandar ke Dermaga III menyenggol KMP Caitlyn yang sandar di Dermaga Plengsengan," ujar Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Heru Purwanto.

Akibat kejadian itu, KMP BSP III mengalami kerusakan ringan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. KMP Caitlyn, sudah bisa beroperasi kembali.

Menurut Heru, pihak Administratur Pelabuhan Bakauheni kini tengah menyelidiki peristiwa itu, termasuk mengecek kondisi KMP BSP III.

Alur pelayaran di antara Dermaga I dan II di Bakauheni Lampung memang terkenal cukup sulit. Dalam kondisi-kondisi cuaca tertentu muncul arus bawah laut yang menyulitkan nakhoda untuk menyandarkan kapal. Untuk mengatasi kendala itu, pihak PT ASDP Indonesia Ferry pernah mengusulkan pembuatan pemecah arus. Namun, realisasi infrastrutur ini bergantung pada kebijakan Kementerian Perhubungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com