Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLTU Tanjung Kasam Masuk Sistem

Kompas.com - 16/10/2012, 15:04 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com — PLTU Tanjung Kasam I mulai masuk sistem kelistrikan di Batam, Kepulauan Riau. Tambahan daya dari pembangkit itu akan disalurkan ke kabupaten lain.

Manajer Senior Komunikasi PT PLN Batam Agus Subekti mengatakan, saat ini PLTU Tanjung Kasam I memasok rata-rata 23 megawatt (MW) ke dalam sistem. Pasokan itu kurang dari separuh daya unit I, yakni 55 MW.

"Sekarang masih tahap uji coba sampai beberapa waktu ke depan," ujarnya, Selasa (16/10/2012), di Batam, Kepulauan Riau. Tambahan dari Tanjung Kasam I itu memperbesar daya PLN Batam.

Sebelumnya, daya mampu sistem kelistrikan Batam 314 MW dan cadangan 44 MW. Daya mampu jauh lebih besar dari rata-rata beban puncak di kisaran 270 MW.

Daya dari Tanjung Kasam memang tidak dirancang untuk memasok Batam saja. PLN Batam berencana mengalirkan listriknya ke Pulau Bintan yang sampai sekarang defisit listrik.

Oleh karena itu, pembangkit dibangun di daratan Batam yang paling dekat dengan Pulau Bintan. Jaringan transmisi bawah laut untuk keperluan itu direncanakan mulai dibangun tahun depan.

Saat itu, Tanjung Kasam Unit I direncanakan sudah beroperasi penuh. Bahkan, akan segera dibangun pula unit II dengan daya 55 MW. Dengan demikian, Tanjung Kasam dapat memasok 110 MW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com