Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Resmi Usung Teten Masduki Jadi Cagub Jabar

Kompas.com - 16/10/2012, 10:11 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Gerindra resmi mencalonkan pegiat antikorupsi, Teten Masduki, sebagai calon gubernur Jawa Barat periode 2013-2018. Pengumuman Teten sebagai calon yang diusung oleh Gerindra ini awalnya disampaikan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam akun Twitter-nya, @prabowo08. Hal ini dibenarkan Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Martin Hutabarat, Selasa (16/10/2012) di Jakarta.

"Teten. Sudah diumumkan, hanya mencari pasangannya sekarang," ujar Martin.

Anggota Komisi III DPR tersebut mengatakan, partainya akan melakukan koalisi dengan partai lain dalam Pilgub Jawa Barat 2013. Sebab, Gerindra hanya memiliki delapan kursi di DPRD Jawa Barat. Terkait kemungkinan kembali berkoalisi dengan PDI-P, Martin menjelaskan bahwa semua peluang terbuka.

"Enggak pengaruh itu kita disebut 'penumpang gelap', yang penting sama-sama mau memberantas korupsi," ujar Martin.

Sebelumnya, akun Twitter Prabowo Subianto, @prabowo08, pada Senin (15/10/2012) malam, menuliskan soal pencalonan Teten Masduki dalam Pilgub Jawa Barat 2013. Awalnya, Prabowo mengucapkan selamat atas pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta baru Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, yang diusung PDI-P dan Gerindra. Di bagian akhir tweet-nya, ia menyebutkan, partainya akan mengusung Teten sebagai Jabar-1.

"Dalam waktu dekat, kita akan menghadapi Pemilukada Jawa Barat 2013. Setelah saya mempelajari situasi dan kondisi yang ada serta membaca ribuan masukan di Facebook dan Twitter saya, saya menyimpulkan saudara sekalian menghendaki pemimpin yang berintegritas. Pemimpin yg mampu memberantas korupsi, memiliki keberanian untuk melawan arus, serta dapat dipercaya. Saya merasakan, salah seorang tokoh yang tepat untuk memimpin Jawa Barat adalah Teten Masduki (@TMasduki). Saudara @TMasduki adalah seorang pejuang asal Garut yang memiliki semangat, komitmen, serta jejak rekam yang sangat baik. Saudara @TMasduki adalah seorang pemberantas korupsi yang gigih, serta pembela terhadap hak-hak buruh di negeri ini. Secara tegas, saya mendukung saudara Teten Masduki (@TMasduki) untuk mengikuti Pemilukada Jawa Barat 2013. Teten Masduki untuk Jawa Barat yang lebih baik. Insya Allah. Salam Indonesia Raya," demikian bunyi pernyataan Prabowo dalam beberapa tweet-nya.

Sementara itu, Teten, yang dihubungi Kompas, pagi ini, mengatakan, dirinya hanya berharap partai yang didirikan Prabowo itu bisa sejalan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam pelaksanaan pemilihan gubernur Jawa Barat. Hal ini mengingat Teten mengaku siap maju dalam pemilihan gubernur Jabar karena kesesuaian visi dan misi dengan politikus PDI-P, Rieke Dyah Pitaloka. (Baca: Teten Masduki: Semoga Gerindra Sejalan dengan PDI-P)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com