Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Pejabat Kediri Dipaksa Kencing di Balai Kota

Kompas.com - 15/10/2012, 15:03 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Sekitar 70 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur dikagetkan dengan keharusan kencing mendadak, Senin (16/10/2012). Tidak hanya itu, di sana juga sudah menunggu tim dari Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memeriksa urine mereka.

Pemeriksaan urine itu dilakukan di lobby gedung Balai Kota Kediri, Jalan Basuki Rahmat, seusai para abdi negara itu mengikuti apel pagi. Wali Kota Kediri Samsul Azhar menyatakan, pemeriksaan mendadak tersebut dilakukan untuk mengurangi adanya pejabat yang tersandung masalah narkoba.

"Jangankan mengunakan narkoba, dekat-dekat saja itu sudah nggak boleh," kata wali kota yang juga seorang dokter ini.

Samsul Azhar tidak menampik bahwa pemeriksaan urine ini dilakukan setelah adanya oknum PNS yang terjerat masalah narkoba dan kini telah ditangani oleh Polda Jawa Timur. "Jangan sampai seperti PNS kita yang dulu," katanya.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Kediri Ajun Komisaris Besar Lilik Dewi Indarwati mengatakan, pemeriksaan tersebut sebagai langkah awal dari beberapa pemeriksaan lainnya. Menurutnya, meskipun dalam pemeriksaan urine dinyatakan positif, belum tentu hal tersebut akibat narkoba.

"Kan kita tidak tahu positifnya itu karena obat dari dokter atau tidak," kata Lilik. Dalam pemeriksaan tersebut, tidak ditemukan adanya urine pejabat yang positif mengandung narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com