Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Rumah Warga di Aceh Hanyut

Kompas.com - 14/10/2012, 14:33 WIB

KUTACANE - Sebanyak lima unit rumah berkontruksi papan dan beratap seng di Daerah Aliran Sungai (DAS) Lawe Bulan, persisnya di Desa Pajak Seban, Kecamatan Lawe Bulan, Aceh Tenggara, ambruk dan hanyut diterjang banjir, Sabtu (13/10/2012) pukul 21.00 WIB.

Sumber Serambi di lapangan menyebutkan, peristiwa ini terjadi secara tiba-tiba dan di luar perkiraan warga. Pasalnya, sore itu kawasan Agara hanya dilanda hujan gerimis.

Namun, mulai pukul 20.00 WIB, air sungai Kali Bulan mulai meluap dan mengikis tanggul di beberapa titik DAS Kali Bulan. Peristiwa ini berlangsung cepat sehingga menyebabkan lima rumah warga ambruk ke sungai. Hingga malam tadi, tercatat sudah sembilan kepala keluarga (KK) yang tinggal di kawasan tersebut mengungsi di Gedung Olahraga (GOR) Kutacane.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agara, Radjadun SSos, yang dihubungi Serambi, membenarkan lima rumah ambruk ke sungai Kali Bulan dan sudah sembilan kepala keluarga telah mereka diungsikan di gedung olahraga Kutacane, Kecamatan Babussalam.

“Saat ini (tadi malam, red) lima rumah di daerah itu telah dikosongkan pemiliknya, karena mereka takut air sungai Kali Bulan menghantam rumah mereka. Kita saat ini juga telah menyiapkan bantuan masa panik kepada korban dan hingga pukul 23.00 WIB telah 9 KK mengungsi,” kata Radjadun. (as)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com