Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Naik Tank

Kompas.com - 05/10/2012, 14:36 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Kesan angker saat upacara peringatan HUT Ke-67 Tentara Nasional Indonesia sirna saat warga turut serta berpartisipasi dalam defile pasukan di Lapangan Jenderal Soedirman, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (5/10/2012) ini.

Anak-anak tanpa ragu menaiki sejumlah kendaraan tempur, seperti tank, panser, dan truk militer memutari sekitar lapangan sebagai tempat diselenggarakannya upacara.    

Upacara peringatan HUT TNI yang dipimpin Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal Hardiono Saroso mendapat perhatian dari masyarakat sekitar. Warga menonton sejumlah atraksi seperti beladiri yongmodo, terjun payung, dan defile pasukan.

HUT TNI yang diselenggarakan sederhana ini semakin bermakna ketika masyarakat dapat melihat dengan dekat peralatan tempur milik pasukan seperti tank, panser, dan meriam. Rahayu dan anaknya, misalnya, merasakan duduk di dalam panser.

"Ini pengalaman pertama kali masuk dan merasakan naik panser," ujar Rahayu bangga.

Dalam upacara, Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal Hardiono Saroso kembali menekankan kinerja TNI yang profesional dalam menjaga keamanan dari ancaman terorisme, separatime, pelanggaran batas wilayah negara, dan meningkatkan kegiatan sosial seperti penanganan bencana alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com