Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuatan Sumur Biopori Digencarkan di Bandar Lampung

Kompas.com - 03/10/2012, 15:39 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Sebagai upaya mengatasi kekeringan dan adaptasi perubahan iklim, pembuatan sumur-sumur biopori kini tengah digencarkan di Bandar Lampung. Pembuatan sumur bipori serentak di Bandar Lampung ini kini menjadi percontohan dari kegiatan berskala internasional. Adapun lokasi percontohannya berada di Kelurahan Langkapura, Kemiling, Bandar Lampung.

"Kami menargetkan akan dibuat 20.000 sumur biopori setidaknya di Langkapura. Saat ini sudah 200 KK yang terlibat dalam program ini. Setiap KK kami harapkan membuat sedikitnya lima sumur (biopori)," ujar Direktur Eksekutif LSM Mitra Bentala Herza Yulianto, Rabu (3/10/2012).

LSM Mitra Bentala merupakan salah satu NGO yang terlibat dalam implementasi program pembuatan sumur biopori di Kota Bandar Lampung bersama-sama Rockefeller Foundation dan Mercy Corps.

Kegiatan ini juga telah menjadi bagian dari program Jejaring Ketahanan Kota-Kota Asia terhadap Perubahan Iklim atau Asian Cities Climate Change Resiliance Network (ACCCRN). Herza mengatakan, program biopori sangat tepat dilaksanakan di Langkapura karena wilayah ini sering mengalami kekeringan ekstrim, termasuk saat ini.

Sumur-sumur warga di daerah ini pun saat ini kering. Untuk mendorong para warga membuat sumur biopori, ucapnya, pihaknya telah melakukan pelatihan terhadap 30 kader di setiap RT. Pihaknya juga membuka hotline yang menawarkan jasa pembuatan sumur biopori secara cuma-cuma.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com