Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komodo di Luar TNK Berwarna Terang Dan Lebih Ramping

Kompas.com - 20/09/2012, 14:51 WIB
Frans Sarong

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com- Binatang purba komodo tidak hanya terdapat di sejumlah pulau dalam kawasan Tanam Nasional Komodo atau TNK. Satwa liar dan ganas itu juga hidup di sejumlah titik di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Hal itu disampaikan Kepala Balai TNK, Sustyo Iriyono di kantornya di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Kamis (20/9/2012). "Binatang komodo juga hidup di Flores, namun posturnya tidak persis sama dengan komodo di TNK," jelasnya.

Komodo di TNK rata rata berwarna cokelat gelap, gempal atau berbadan lebih besar dibanding komodo seusia di Flores. Selain itu, komodo di TNK cenderung, bersikap malas karena tahu bila tidak dinggu, anggun, dan terasa berkarisma. Sebaliknya, komodo di Flores kulitnya berwarna lebih terang, berbadan ramping, dan cenderung cepat bereaksi atas gangguan sekitarnya.

Menurut Sustyo, perbedaan warna kulit dan postur komodo lebih karena kondisi lingkungan sekitarnya. "Komodo Flores kulitnya lebih terang karena jarang berendam dalam lumpur dan lebih sering di bawah naungan pohon. Begitu juga badannya yang ramping akibat kian terbatasnya ketersediaan satwa lain sebagai pakan komodo," jelasnya.

Sedangkan komodo di TNK, berbadan lebih gempal karena pakannya dari rusa atau babi hutan, relatif terjaga. Komodo juga lebih sering hidup di padang sabana hingga selalu di bawah terik menyengat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com