Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swike Goreng Mentega Andalan Rumah Makan Cik Ping

Kompas.com - 25/08/2012, 17:37 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Berkunjung ke Kota Purwodadi di Kabupaten Grobogan,Jawa Tengah selalu tidak dapat dipisahkan dengan masakan dari kodok atau atau disebut swike. Masakan berbumbu tauco dengan daging kodok sawah ini menjadi sebuah makanan khas telah menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia.

Maka setiap ada rumah makan swike pasti akan melabelinya dengan "Aseli Purwodadi". Salah satu pelopor masakan swike salah satunya adalah Swike Cik Ping yang berada di jalan Kolonel Sugiono Purwodadi. Rumah makan yang berdiri sejak tahun 1901 telah dikelola hingga turunan ke-5.

Endah yang akrab dipanggil Cik Ping adalah generasi yang melanjutkan hingga sekarang dan menjadi rujukan bagi pecinta kuliner. Beragam menu berbahan kodok antara lain swike kuah, swike goreng, pepes telur dan krupuk kulit kodok.

Menurut Cik Ping semua resep diturunkan dari buyutnya. Swike kuah panas dengan aroma tauco serasa segar dengan gurihnya bawang goreng. Begitu juga swike goreng mentega dengan kuah manis menjadi pilihan. Sedangkan menu pepes biasanya berisi telur kodok dengan bumbu pedas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com