Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Terbukti Mencuri, Gadis 17 Tahun Dibebaskan

Kompas.com - 16/08/2012, 20:33 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com -- Ni, gadis belia berusia 17 tahun yang tertangkap warga saat hendak mencuri pakaian dan dompet akhirnya dibebaskan oleh polisi. Ni dinyatakan tidak terbukti mencuri pakaian dan dompet. Selain itu, tak ada juga laporan dari warga yang menjadi korban pencurian.

Kini gadis ini berada dalam perlindungan Lembaga Syawadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Pemerhati Perempuan dan Anak (LPPA) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

"Biar didatangi oleh LPPA karena tidak ada juga buktinya bahwa dia mencuri laporan korbannya juga tidak ada, jadi kita serahkan apakah dia mau diberi pelatihan atau langsung dipulangkan ke kampung halamannya di Kota Palopo Luwu," ujar Ipda Muh Nasir, Kepala Unit Sentra Pelayanan Kemasyarakatan (Ka SPK) Polres Bone.

Saat ini Ni berada dalam perlindungan LSM LPPA. Dia rencananya akan diberikan pelatihan agar remaja yang baru seminggu bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Watampone ini mampu bekerja dan tidak mengulangi lagi perbuatannya.

"Sementara kami berikan siraman rohani dan rencananya kami akan berikan pelatihan keterampilan atau kita langsung pulangkan dia ke kampungnya," kata Martina Madjid, Ketua LSM LPPA Kabupaten Bone, Kamis (16/8/2012).

Lanjut Martina, rencananya Ni hendak langsung di pulangkan ke kampung halamannya, namun pihak Dinas Sosial tidak bisa memberikan anggaran buat Ni karena dia bukanlah orang telantar.

Sebelumnya, Ni nyaris saja di hakimi warga Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kelurahan Macanang, Kecamatan Taneteriattang, lantaran dituding mencuri pakaian dan dompet milik warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com