Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merauke Bantah 32 Warganya Kusta

Kompas.com - 07/08/2012, 12:00 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com- Kepala Dinas Kesehatan Merauke Stevanus Osok membantah informasi adanya 32 warga Kampung Bupul, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, mengidap penyakit kusta.

Osok menyatakan, mereka telah sembuh. "Itu mantan-mantan penderita kusta. Bukan penderita kusta aktif. Sudah sembuh," ujar osok di Merauke, Selasa (7/8 /2012).

Diungkapkan Osok, Dinas Kesehatan Merauke telah melakukan pengecekan langsung namun tidak menemukan adanya penderita kusta dalam jumlah banyak. Justru, yang ada adalah mantan-mantan penderita kusta yang sudah dinyatakan sembuh.

Osok mengakui, di Merauke masih ada kasus penyakit kusta namun jumlahnya tidak lebih dari 4 kasus. "Kalau kusta aktif masih ada karena Merauke daerah endemik. Kalau temukan kasus kusta kita langsung obati biar tidak tambah banyak," katanya.

Pekan lalu, Kepala Puskesmas Bupul Gerardus Anggojai menyatakan, ada 32 warga kampung Bupul menderita penyakit kusta dan 9 orang lain sudah sembuh. Diungkapkan dia, pengobatan terhadap penderita kusta tersbeut sedang dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Bupul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com