Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rela Panas-panasan demi Bantuan Cuma-cuma

Kompas.com - 23/07/2012, 15:26 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Ratusan warga Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, mengantre sejak pagi hari untuk mendapatkan sumbangan Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Kesra) di Kantor Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin (23/7/2012).

Mereka mengaku sangat senang mendapatkan sumbangan itu meski harus berpanas-panasan. "Tidak apa-apa mas. Saya senang kok. Ini sangat membantu ekonomi saya," ujar khotib, salah satu warga penerima bantuan.

Meski tidak berdesak-desakan, pembagian bantuan yang diperuntukkan bagi keluarga sangat miskin itu memprihatinkankan. Karena panitia tidak menyediakan tempat khusus bagi penerima sumbangan.

Mereka harus berpanas-panasan sejak pagi hari dibawah terik sinar matahari saat melengkapi berkas. Selain itu panitia tidak menyediakan akomodasi untuk mengangkut sumbangan.

Sedangkan dari catatan panitia dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pasuruan jumlah warga yang menerima sumbangan Jalin Kesra itu sebanyak 133 orang. Sedangkan paket yang diterima ada tiga jenis, di antaranya jenis Peracangan (perdagangan kecil), rombong sayur dan rombongn pangan.

"Sementara yang yang kita berikan pada hari ini adalah berupa paket yang diberikan pada pedagang peracangan," ujar Mudjiwatin, petugas Diperindag Kab. Pasuruan.

Dari ratusan penerima sumbangan itu tersebut di sejumlah desa di lima kecamatan. Diantaranya Kecamatan Kejayan, Tutur, Purwodadi, Pasrepan dan Lumbang.

Sedangkan paket sumbangan yang dibagikan pada hari pertama itu berupa sejumlah satu kardus yang berisi aneka sembako, dua kardus mie instan, satu karung beras 25 kilogram, satu meja lipat dan timbangan.

"Dengan sumbangan ini, kami berharap usaha meraka bisa berkembang," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com