Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, TKW Asal Lombok Disiksa di Arab Saudi

Kompas.com - 27/06/2012, 15:00 WIB
Kontributor Kompas TV, Abdul Latif Apriaman

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Suasana duka menyelimuti keluarga Muhir (45), warga Desa Beleke, Kecamatan Gerung, Lombok Barat. Keluarga buruh serabutan ini mendapat kabar buruk bahwa Joharni (40), istrinya, sudah sebulan terbaring di rumah sakit di Arab Saudi lantaran penyiksaan dari sang majikan.

Cerita tentang derita Joharni diperoleh dari telepon dan pesan singkat yang dikirimkan rekan-rekan Joharni yang sempat menjenguknya di rumah sakit.

"Waktu saya telepon dia cuma bilang sakit biasa, tapi teman-temannya bilang istri saya sakit parah karena disiksa majikannya," tutur Muhir.

Menurut Muhir, istrinya bekerja ke Saudi sekitar dua tahun silam melalui PT Dasa Graha Utama. Selama kurun waktu itu dia belum pernah mengirimkan hasil keringatnya, meskipun beberapa kali menjanjikan akan mengirim.

Joharni juga sempat hilang kontak selama setahun, sebelum akhirnya diperoleh kabar TKW malang itu terbaring di rumah sakit lantaran penyiksaan majikannya tersebut.

Muhir kini hanya bisa berharap, Joharni segera dipulangkan untuk berkumpul bersama keluarganya dan apa yang menjadi hak-haknya bisa segera dipenuhi.

Derita yang dihadapi Jauharni menambah panjang kasus yang dialami TKI NTB di luar negeri. Berdasarkan catatan Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan TKI, BP3TKI NTB selama 3 bulan terakhir terdapat 194 TKI NTB bermasalah, mulai dari hilang kontak, penyiksaan, tidak menerima gaji, hingga kematian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com