Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Gresik Unjuk Rasa ke Indospring Gresik

Kompas.com - 26/05/2012, 15:25 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com  - Puluhan orang terdiri dari wartawan didukung lembaga swadaya masyarakat dan elemen mahasiswa Sabtu (26/5/2012) berunjuk rasa ke pabrik per mobil PT Indospring di Jalan Mayjend Sungkono Gresik, Jawa Timur.

Unjuk rasa itu sebagai bentuk protes terhadap kekekerasan pada wartawan yang dilakukan pegawai Indospring Jumat (25/5/2012) sore. Saat itu sekitar pukul 16.00 terjadi kebakaran di pabrik tersebut. Wartawan pun berusaha meliput dan mengambil gambar.

Awalnya wartawan RCTI Agus Ismanto mengambil gambar, tetapi didorong dan kameranya berusaha diambil seorang petugas keamanan di perusahaan itu. Agus berusaha mempertahankan kameranya, dan bersitegang dengan petugas keamanan itu. M Amin wartawan JTV lalu mengambil gambar Agus dan sekuriti yang sedang bersitegang.

Kamera Amin ditarik pegawai Indospring, Paulinan hingga lepas dan baterai berserakan. Sebagai bentuk protes sejumlah wartawan menggantung kartu identitas di pagar gerbang Indospring. Malam harinya wartawan melaporkan kasus itu ke Kepolisian Resor Gresik. Mereka menuntut kaaus kekerasan itu diusut tuntas.

Selanjutnya Sabtu siang bersama sejumlah elemen wartawan berunjuk rasa ke Indospring. Mereka membagikan pernyataan sikap dan berorasi bergantian di perempatan Segoromadu arah Surabaya. Dalam aksi kali ini wartawan menuntut kasus itu diusut sampai tuntas. Mereka juga menuntut Paulina diseret ke meja hijau. Selain itu, aparat penegak hukum diminta menggunakan Undang-undang 40 tahun 1999 tentang Kebebasan Pers.

Koordinator Aksi, Didik Henry menyatakan upaya pihak Indospring menghalangi tugas jurnalistik sudah melanggar hukum. Apalagi sampai terjadi perusakan kamera wartawan JTV M Amin. "Ini melecehkan profesi wartawan. Padahal tugas pers dilindungi Undang-undang," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com