Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HET Elpiji Turun Jika SPBE Selesai Dibangun

Kompas.com - 08/05/2012, 15:57 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com- Harga eceran tertinggi gas elpiji subsidi tiga kilogram di daerah-daerah bisa turun hingga menyamai HET di Kota Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat. Penurunan harga dimungkinkan terjadi setelah stasiun pengisian bulk elpiji di daerah selesai dibangun.

Sales Representative LPG PT Pertamina Wilayah Kalimantan Barat Sulistya Adhi, Selasa (8/5/2012), mengatakan, di Kota Pontianak yang sudah ada dua SPBE, HET gas elpiji tiga kilogram Rp 12.750 per tabung. Namun di Sintang mencapai Rp 20.000 per tabung, dan Kapuas Hulu mencapai Rp 25.000 per tabung.

"SPBE di Sanggau dan Sintang, serta Singkawang rencananya bisa beroperasi akhir 2012 ini. Harapannya, nanti HET di ketiga tempat itu bisa sama dengan Pontianak," kata Aditya.

HET di kabupaten lain yang SPBE belum beroperasi atau tidak ada SPBE, akan menyesuaikan dengan distribusi dari SPBE terdekat.

Gas elpiji subsidi di Kapuas Hulu akan disuplai dari Sintang sehingga HET yang saat ini Rp 25.000 per tabung di pangkalan bisa jauh lebih rendah. Dampaknya, harga eceran di masyarakat juga bisa turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com