Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Adat Bekerja Sama dengan Polisi

Kompas.com - 29/04/2012, 14:50 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Masyarakat Adat Dayak Tamambalo dan Iban di Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menjalin kerja sama dengan kepolisian setempat. Itu dilakukan untuk menghindari terjadinya intimidasi dari oknum perusahaan.

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Adat Dayak Tamambalo dan Iban Kalimantan Barat, Mercelina Lin, Minggu (29/4/2012), mengatakan, kerja sama dengan polisi diperlukan untuk menjaga stabilitas keamanan di masyarakat.

"Semenjak masyarakat adat menolak masuknya investasi perkebunan kelapa sawit, sudah ada penghasutan-penghasutan yang membuat masyarakat saling curiga. Sekarang, masyarakat bisa melaporkan orang-orang yang menghasut atau mengintimidasi terkait penolakan itu," ujar Marcelina.

Marcelina mengungkapkan, lima ketemanggungan Dayak di Embaloh Hulu dan pihak kepolisian akan menindaklanjuti kerja sama itu hingga ke tingkat kecamatan.

"Pertemuan antara polisi, masyarakat, dan pemerintah tingkat kecamatan dilakukan, supaya kondisi lebih kondusif. Sekarang masyarakat bisa mulia mencatat dan melaporkan, siapa saja yang melakukan penghasutan dan intimidasi," kata Marcelina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com