Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Terhambat Tingginya Permukaan Sungai

Kompas.com - 19/04/2012, 15:08 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Perbaikan Jembatan Kalahien di Kalimantan Tengah terkendala permukaan Sungai Barito yang masih tinggi. Arus sungai itu juga masih deras, sehingga perbaikan harus menunggu aliran air lebih pelan dan surut yang diperkirakan mulai terjadi pada Mei 2012.

"Tunggu sungai agak surut," kata External Affair and Community Development Manager PT Marunda Graha Mineral (MGM), Priya Husada di Palangkaraya, Kalteng, Kamis (19/4/2012).

Kedalaman Sungai Barito saat ini lebih dari 30 meter. Perbaikan baru bisa dimulai jika kedalaman sungai kurang dari 10 meter. "Selain itu, arus sungai Barito masih luar biasa deras sehingga dikhawatirkan membuat proses pemancangan, goyang," ucapnya.

Sebelumnya, Jembatan Kalahien di Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, ditabrak tongkang pengangkut batu bara pada awal Februari 2012 sekitar pukul 02.30. Batu bara tersebut milik PT MGM.

Biaya perbaikan yang dibutuhkan ditaksir sekitar Rp 6 miliar. Bagian yang rusak yakni vender atau pengaman tiang utama jembatan. Vender terbuat dari beton yang berfungsi sebagai semacam bemp er.

Menurut Priya, tongkang itu sebenarnya bukan milik PT MGM melainkan perusahaan penyedia pengangkutan batu bara. "Akan tetapi, kami berniat menyelesaikan persoalan itu dengan segera. Selanjutnya, kami akan berkoordinasi dengan perusahaan pemilik tongkang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com