Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Zamzam Menjelang Ujian Nasional

Kompas.com - 13/04/2012, 12:37 WIB
Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com — Sekolah menengah di seluruh penjuru Tanah Air kini tengah sibuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional yang akan berlangsung pada 16-19 April. Sebagai pemanasan, biasanya digelar try out bagi para siswa kelas XII. Tak cukup try out, tak sedikit sekolah yang juga menggelar acara doa untuk mempersiapkan batin para siswa.

Demikian pula yang dilakukan pihak SMKN 1 Sayung, Demak. Sebanyak 165 siswa kelas XII, Kamis (12/4/2012), mengikuti istigasah yang digelar di aula sekolah setempat.

Para guru dan murid dengan khusyuk berdoa memohon diberi kemudahan pada saat mengerjakan soal ujian nasional (UN). Sebagian murid larut dalam doa, bahkan ada yang terharu dan menangis.  Seusai doa, satu per satu meminta maaf dan mohon doa restu kepada para guru mereka. Kegiatan istigasah diakhiri dengan pemberian air zamzam kepada siswa. 

Menurut Wakil Kepala Sekolah, Saroni, doa bersama ini dalam rangka mempersiapkan kondisi mental siswa. Pihak sekolah berharap, kata dia, dengan istigasah dan try out, para siswa lulus 100 persen.

"Istigasah dan minum air zamzam merupakan ikhtiar kepada Allah agar ujian dapat sukses. Meski demikian, doa saja tanpa dibarengi dengan belajar yang rajin dan persiapan matang hasilnya tidak akan maksimal," tutur Saroni.

Salah satu siswi, Ika Asprianti, mengaku lega setelah mengikuti doa bersama dan minum air zamzam. Ia berharap mendapat nilai bagus di setiap mata ujian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com