Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Premium di Semarang Tembus Rp 6.500 Per Liter

Kompas.com - 02/04/2012, 09:07 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com  — Keputusan pemerintah menunda kenaikan harga bahan bakar minyak per 1 April 2012 ternyata tidak serta-merta menurunkan harga Premium di tingkat eceran di Kota Semarang, Jawa Tengah. Harga Premium di Penggaron dan Pedurungan, Kota Semarang, Senin (2/4/2012), tetap tinggi bahkan menembus Rp 6.500 per liter.

Sutopo, pedagang Premium eceran yang membuka kios kecil di depan rumahnya di Penggaron, mengatakan, sejak kisruh rencana kenaikan harga BBM seminggu terakhir ini, pedagang Premium eceran sulit membeli BBM. Pihak pengelola SPBU mempersulit pembelian dengan jeriken, dengan alasan menjaga supaya tidak ada penimbunan.

"Untuk mendapatkan Premium sebanyak 15 liter saja, saya harus mengurus surat izin ke mana-mana. Karena memperoleh Premium saja sulit, ya terpaksa saya tidak menjual Solar," ujar Sutopo.

Jika harga Premiun di tingkat eceran mencapai Rp 6.500 per liter, bisa dimaklumi. Sebab, selama ini para pedagang tersebut melayani pengguna sepeda motor yang hendak ke pusat Kota Semarang melalui jalur alternatif, baik dari Mranggen maupun Sayung, Kabupaten Demak. Di jalur alternatif kebanyakan tidak terdapat SPBU sehingga pedagang eceran dibutuhkan pengguna jalan yang tidak sempat mengisi BBM di SPBU sehari sebelumnya.

Di sejumlah pedagang BBM eceran di Pedurungan, harga Premium masih Rp 6.000 per liter. Pedagang berharap, jika memang pemerintah tidak akan menaikkan harga BBM dalam waktu dekat, sebaiknya pedagang eceran diberi kelonggaran untuk membeli Premium secara eceran dengan menggunakan jeriken.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com