Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Harus Menolak Kenaikan Harga BBM

Kompas.com - 30/03/2012, 13:29 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Perempuan menjadi kelompok yang paling terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak. Sebab, perempuan menjadi pelaksana sekaligus pengendali kebutuhan rumah tangga di tengah melambungnya harga-harga kebutuhan pokok.

Demikian diungkapkan aktivis perempuan, Rani Pribadi, dalam diskusi "Mengapa Perempuan Harus Menolak Kenaikan Harga BBM" di Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Jumat (30/3/2012). Selain perempuan, lansia juga berisiko tinggi menanggung dampak kenaikan harga BBM.

"Distribusi relasi kuasa sosial yang timpang dan jender tetap akan menjadikan perempuan sebagai pihak yang harus berhadapan pada tekanan psikis akibat kenaikan harga BBM," ujarnya.

Dalam diskusi ini, Rani membacakan petisi Perempuan Menolak Kenaikan Harga BBM. Isi petisi tersebut adalah, kenaikan harga BBM akan berdampak pada menurunnya daya beli dan kualitas hidup, menurunnya kualita kesehatan reproduksi, hak anak untuk belajar dan bermain, sampai peningkatan risiko kekerasan sebagai kelanjutan meningkatnya beban hidup masyarakat.

"Kenaikan harga BBM telah memicu meningkatnya harga-harga kebutuhan pokok, bahkan sebelum harga BBM ditetapkan. Seharusnya pemerintah menghapuskan pos-pos APBN yang berujung pada pemborosan anggaran," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com