Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran Bantuan Terkendala Cuaca Buruk

Kompas.com - 20/03/2012, 10:43 WIB
Rini Putri

Penulis

KEPULAUAN SELAYAR, KOMPAS.com - Cuaca buruk menghambat penyaluran bantuan pada korban terjangan puting beliung yang tersebar di 38 desa dari enam kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

"Kami sudah menerima bantuan berupa 100 tenda, 100 helai selimut dan 100 set peralatan dapur dan beberapa bantuan lainnya. Cuma, kami belum bisa mengirimnya karena terkendala cuaca buruk," kata Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arief, yang dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (20/3/2012) melalui telepon genggamnya.

Kendati demikian, lanjut Saiful, pihaknya akan terus mengupayakan pendistribusian bantuan dengan berkoordinasi dengan pihak Syahbandar terkait izin pelayaran menuju beberapa kecamatan yang terpisah dari kabupaten.

Penyaluran bantuan itu juga akan dikoordinasikan kepada para camat agar bantuan bisa didistribusikan secara proporsional berdasarkan laporan yang diterima. 

Saiful meminta agar seluruh pegawai melalui SKPD termasuk BUMN, BUMD, instansi vertikal, sekolah-sekolah agar menyiapkan dompet peduli bencana. Bahkan Forum Silaturahim Antarmubalik (Forsam) sudah menyusun jadwal terpadu bekerja sama dengan panitia masjid sekota Benteng agar menyediakan celengan peduli bencana.

Sementara itu, Sekertaris Camat Pasi'masunggu, Tauhik Muhktar yang dihubungi via ponsel mengaku belum menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten.

"Kami sudah menerima informasi dari kabupten bahwa bantuan sudah siap hanya saja pendistribusiannya terkendala faktor cuaca yang tidak bersahabat, akan tetapi warga yang mengalami kerusakan ringan sudah dapat dibantu bakti sosial dan gotong royong masyarakat. Namun mereka yang rumahnya sudah rata dengan tanah dan rusak berat harus menunggu bantuan dari kabupaten," jelasnya.

Tauhik menambahkan hingga saat ini Pulau Jampea masih diguyur hujan deras dan angin kencang. Kondisi juga gelap gulita karena jaringan listrik rusak. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, lebih dari 1.000 rumah yang tersebar di 38 desa dan enam kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, diterjang angin puting beliung.

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com, Minggu (18/3/2012) sore, tercatat  1.303 rumah warga di 23 desa yang mengalami rusak parah. Kerusakan di 15 desa lainnya belum diketahui karena terkendala dengan putusnya hubungan transportasi dan komunikasi.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com