Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Hama Ulat Bulu Menyerang Kendal

Kompas.com - 12/03/2012, 00:06 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Warga desa Kedung Gading Ringin Arum Kendal Jawa Tengah, resah. Pasalnya, ribuan hama ulat bulu menyerang desanya. Ribuan ulat bulu itu, menempel di pohon-pohon milik warga.

Ulat membuat sarang mrip sarang laba-laba, untuk melindungi keberadaannya. Menurut salah satu warga yang pohonnya terserang hama ulat bulu, Mukhadar (46), ulat bulu menyerang di desanya sudah seminggu yang lalu. "Kalau pohon saya, sudah terserang dua,tiga hari lalu," kata Mukhadar, Minggu (11/3/2012).

Ia menambahkan, selain dirinya beberapa pohon tetangganya juga terserang hama ulat bulu. Kepala desa Kedung Gading Ringin Arum Kendal, Suyanto (34), mengatakan kalau hama ulat bulu sudah menyerang belasan pohon di desanya.

Ulat-ulat bulu itu menyarang pohon waru dan sebagian pohon Kresen. Beberapa warga sudah ada yang memusnahkannya dengan cara dibakar. Namun ulat-ulat tersebut, kembali menyarang ke pohon lainnya.

"Saya memerintahkan kepada warga yang pohonnya terserang hama ulat bulu, supaya tidak mengusik sarangnya. Sebab bila sarangnya terbuka, maka ulat-ulat itu bisa merambat ke pohon lain," kata Suyanto.

Suyanto menjelaskan, kalau pada tahun lalu, desanya juga pernah terserang hama ulat bulu. Tapi yang diserang, pohon Waru dan Mangga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kendal, Purwanti, mengaku kalau dirinya segera mengirim stafnya ke desa Kedung Gading untuk memusanahkan hama ulat bulu tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com