Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komplotan Penipu Via Internet Diringkus

Kompas.com - 06/12/2011, 16:38 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Komplotan penipuan via internet kembali beraksi. Kali ini korbannya adalah Gadang Eka Saputra (23) yang ditipu hingga Rp 15,5 juta. Warga Perumahan Wisma Kedung Asem, Surabaya, ini mau mentransfer uang itu karena tergiur peralatan olahraga yang ada di internet.

Kepala Unit Reserse dan Kriminal Polsek Genteng Ajun Komisaris Ari Suharto menuturkan, berdasarkan laporan ini, polisi meringkus dua anggota komplotan ini, yaitu Djoko Kuswoyo (52), asal Batursari Gayamsari, Semarang, dan Henricus Sri Yulianto, asal Cilacap, Jawa Tengah. "Otak komplotan ini, Untung, masih buron," jelas Ari di Mapolsek Genteng, Selasa (6/12/2011).

Awalnya, Gadang tak menaruh curiga pada situs web yang dibuat oleh Djoko dan Henricus ini. Selain meyakinkan, pembelian pertama Gadang di awal Oktober kemarin juga tak bermasalah. Saat itu Gadang membeli peralatan olahraga senilai Rp 1,7 juta dan barang pesanan ini diantarkan satu minggu kemudian.

Karena cukup meyakinkan, Gadang kembali memesan barang-barang serupa dengan nilai transfer yang lebih besar. Pada 27 Oktober lalu Gadang mentransfer uang Rp 10,5 juta kepada Djoko, kemudian pada November lalu ia menambahkan lagi Rp 5 juta pada Djoko. Anehnya, hingga Desember barang yang dipesan itu masih belum dikirim. Karena curiga, Gadang pun melaporkan penipuan ini ke polisi.

"Setelah dilakukan penyelidikan, kedua tersangka ini (Djoko dan Henricus) kami tangkap di daerah mereka masing-masing," kata Ari.

Akibat penipuan ini, Djoko dan Henricus diancam hukuman maksimal lima tahun penjara. Sementara itu, polisi hingga kini masih memburu keberadaan Untung yang ditengarai ada di Jakarta itu. (Adrianus Adhi N)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com