Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Rusak Total, Tidak Bisa Dipakai Lagi

Kompas.com - 29/11/2011, 15:53 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Guru Besar Rekayasa Struktur Institut Teknologi Bandung, Bambang Budiono, menyatakan bahwa jembatan Kartanegara di Tenggarong yang rubuh tidak lagi bisa digunakan. Pasalnya, seluruh komponennya sudah rusak.

Menurutnya, tidak ada pilihan bagi pemerintah selain membangun jembatan di lokasi baru. Sebetulnya masih ada opsi retrofit dengan menggunakan komponen lama tapi hal tersebut kurang berlaku mengingat seluruh bagian sudah rusak.

"Kalau ada yang nekad menggunakannya kembali, berarti bodoh, tolol, dan idiot," kata Bambang.

Disinggung mengenai peristiwa tersebut, Bambang meminta semuanya tetap berpikir tenang dalam mencari penyebabnya. Jangan sampai pemerintah kemudian sibuk mencari orang yang dianggap bertanggung jawab tanpa belajar mengenai jembatan.

Dia pun mencontohkan ambruknya jembatan Tacoma di Washington yang ambruk setelah tiga bulan rampung dibuat, penyebabnya ternyata angin. Saat itulah baru disadari angin menyebabkan efek torsional atau jembatan gantung yang berpilin seperti cucian baju. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com