Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bulan KM Pangrango Tidak Beroperasi

Kompas.com - 22/11/2011, 15:36 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Sejak awal Oktober 2011, kapal milik Pelni, KM Pangrango, tidak beroperasi. Kapal ini merupakan satu-satunya kapal Pelni yang mengitari pulau-pulau di Maluku, dari Ambon dan Seram di utara Maluku sampai Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya di tenggara dan selatan Maluku.

Manajer PT Pelni Cabang Ambon Didik Dwi Prasetyo mengemukakan, perbaikan mesin kapal masih menunggu suku cadang dari Jerman. "Kami belum tahu kapan suku cadang datang tetapi mudah-mudahan secepatnya karena satu bulan lagi sudah memasuki masa liburan Natal dan Tahun Baru," kata Didik, Selasa (22/11/2011).

Menurut Didik, tidak ada kapal Pelni lain yang untuk sementara menggantikan KM Pangrango. Pasalnya, rute dari kapal-kapal Pelni sudah diatur oleh Kementerian Perhubungan sehingga pengalihan rute harus seizin Kementerian Perhubungan.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Maluku Abraham Nanlohy mengatakan, bukan kali ini saja kapal Pelni yang dibuat tahun 1993 itu rusak.

Dengan tidak beroperasinya KM Pangrango, transportasi antarpulau, terutama di Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya, bergantung pada kapal perintis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com