Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rehabilitasi Citarum Dimulai Hari Ini

Kompas.com - 09/11/2011, 11:52 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Rabu (9/11/2011) ini, mencanangkan rehabilitasi Sungai Citarum sebagai upaya pengendalian banjir. Pengerukan pertama akan dimulai di daerah Sapan, Kabupaten Bandung, dan berlanjur ke hilir di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.

Proyek rehabilitas direncanakan berlangsung hingga tahun 2013 dengan total anggaran Rp 1,3 triliun. Proyek pengerukan dalam skala besar itu diharapkan mengatasi banjir yang kian berulang di daerah aliran sungai Citarum, terutama di daerah tengah di kawasan Bandung dan di hilir di daerah Karawang.

Sungai sepanjang sekitar 270 kilometer yang mengalir dari hulu di daerah Gunung Wayang hingga ke Muara Gembong di utara itu dinilai kritis seiring rusaknya daerah tangkapan air, pencemaran dari hulu ke hilir, serta penyempitan badan sungai akibat tekanan penduduk.

Banjir besar melanda DAS Citarum tahun lalu. Setidaknya 15.000 rumah di Karawang tergenang akibat meluapnya Citarum. Debit air yang masuk ke tiga waduk di DAS Citarum, yakni Saguling, Cirata, dan Jatiluhur, tercatat tertinggi sejak awal operasinya.

Caption: Instansi terkait dari sejumlah kota/kabupaten di Daerah Aliran Sungai Citarum hadir pada pencanangan rehabilitasi Citarum di Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/11/2011).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com