Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Lebak, Atut-Rano Sementara Unggul Jauh

Kompas.com - 24/10/2011, 21:19 WIB

LEBAK, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah-Rano Karno, masih unggul dalam rekapitulasi perolehan suara sementara di Kabupaten Lebak.

Data yang diperoleh dari Komisi Pemilihan Suara (KPU) Kabupaten Lebak, Senin (24/10/2011) hingga pukul 17.00 WIB, tercatat sudah 578.403 suara masuk. Dari jumlah itu, pasangan Atut-Rano unggul dengan memperoleh 333.007 suara atau 57,57 persen. Pasangan nomor urut dua, Wahidin Halim-Irna Narulita, menempati urutan kedua sementara dengan 176.925 suara (30,59 persen). Adapun pasangan nomor urut tiga, Jazuli Juwaeni-Makmun Muzakki, meraih 68.471 suara (11,84) suara.

Rekapitulasi perolehan suara tersebut masih sementara dan belum final. Hasil perolehan suara kemungkinan akan diplenokan pada Kamis (27/10/2011) dengan cara dihitung manual dan dihadiri oleh para saksi dari masing-masing pasangan calon.

"Kami saat ini hanya rekapitulasi perolehan suara sementara dan unggul pasangan Atut-Rano seagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten," kata Ketua KPU Lebak Agus Sutisna di Rangkasbitung, Kamis.

Agus mengatakan, sejauh ini pemilihan kepala daerah (Pilkada) Banten di Kabupaten Lebak berlangsung lancar. Oleh karena itu, rekapitulasi perolehan suara dari setiap panitia pemilihan kecamatan (PPK) cukup cepat disampaikan KPU. "Kami berharap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten siap menerima kekalahan," katanya.

Agus memaparkan, pasangan Atut-Rano unggul di daerah basis pendukung nomor urut satu itu, antara lain di Kecamatan Rangkasbitung (27.393 suara), Cibeber (21.835), dan Cimarga (16.266). Di Kecamatan Cibadak, keduanya memperoleh 14.832 suara dan Cipanas sebanyak 14.709 suara.

Sementara itu, tim sukses pemenangan Atut-Rano mengatakan, kemenangan pasangan nomor urut satu ini berkat kerja keras partai pendukung. Figur Atut yang sudah dikenal tokoh masyarakat dan berbagai kalangan di Kabupaten Lebak, dianggap turut memengaruhi perolehan suara pasangan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com