Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Suporter, KA Dibatalkan

Kompas.com - 15/10/2011, 15:15 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com -- Perjalanan kereta api jurusan Purwakarta-Cibatu (Garut), Sabtu (15/10/2011) siang, dibatalkan untuk menghindari kerugian akibat banyaknya suporter sepak bola yang naik ke atap kereta. Sore ini Liga Prima akan memainkan pertandingan antara Persib Bandung dan Semen Padang di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Jawa Barat.

Pengumuman pembatalan dipasang di sejumlah stasiun, seperti terlihat di Stasiun Purwakarta.

Dida (55), calon penumpang asal Margahayu, Bandung, belum mengetahui pembatalan itu sebelumnya, sehingga dia tetap datang ke Stasiun Purwakarta. "Saya tidak tahu ada (jadwal pertandingan) bola sore ini. Biar saya naik bus saja. Memang biasanya setiap kali Persib main, kereta dibatalkan," kata Dida.

Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi II Bandung, Bambang Setyo Prayitno menjelaskan, pembatalan tersebut untuk mencegah terjadinya hal yang merugikan serta demi keamanan perjalanan kereta, penumpang, dan masyarakat di sekitar jalur kereta. Pembatalan juga demi keselamatan suporter itu sendiri karena sebelumnya sering kali ada yang nekat naik ke atap kereta.

"Yang kami batalkan hanya KA Cibatu-Purwakarta. KA yang sama yang berangkat dari Cibatu hanya sampai Ciroyom saja, tidak sampai Purwakarta, karena hasil evaluasi kami KA tersebut digunakan suporter dari Purwakarta pada siang harinya," kata Bambang.

Terkait laga Persib Bandung, menurut Bambang, pihaknya mengamankan perjalanan KA komuter Bandung Raya yang melintasi sejumlah stasiun, yakni Padalarang, Cimahi, Bandung, Kiaracondong, Rancaekek, dan Cicalengka. "Kami akan merazia suporter untuk mengamankan perjalanan seusai laga," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com