Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbahasa Hati ala Mahasiswa Korea

Kompas.com - 21/07/2011, 14:32 WIB

SUBANG. KOMPAS.com — Sebanyak 27 mahasiswa Korea Selatan yang tergabung dalam Hankuk University Foreign Studies (HUFS) Global Volunteer Corps mengadakan perkenalan budaya Korea kepada siswa-siswi di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alamy, Subang, Jawa Barat, Kamis (21/7/2011).

Mereka berasal dari berbagai jurusan budaya dan bahasa di Universitas Hankuk. Kunjungan itu dalam rangka kerja lapangan dengan memberikan perkenalan budaya kepada siswa-siswi di Indonesia, khususnya Subang.

Salah seorang mahasiswi, Ju Hye, menyatakan, ia terkesan pada keramahan orang Indonesia. Selama berinteraksi dengan para siswa SDIT Alamy, Ju Hye tak menampik adanya kendala bahasa. Namun, hal itu tidak menghalangi komunikasi antara mereka dengan para siswa dan guru sekolah itu.

"Tetapi dengan bahasa hati kami bisa mengomunikasikan apa yang kami sampaikan. Mereka juga bisa menerima kami dengan baik," jelas Ju Hye kepada Kompas.Com, Kamis.

Materi yang disampaikan oleh para mahasiswa ialah perkenalan tarian, lagu, dan permainan tradisional Korea. Tampak sekali keakraban yang terjalin antara tamu dan tuan rumah.

"Saya rasa kalau kami pulang ke Korea, nanti kami akan sangat merindukan mereka," tambah Ju Hye yang tidak akan menolak jika ada kesempatan berkunjung lagi ke Subang.

Salah seorang siswi kelas V, Silmi, mengaku sangat senang. "Saya senang dengan permainan-permainan orang Korea. Permainannya asyik," ujarnya.

Masalah komunikasi, kata Silmi, tidak ada masalah. "Saya kalau ngobrol, pakai bahasa Indonesia aja. Kakak Korea-nya juga ngerti, kok," timpal temannya, Retina, kepada Kompas.com.

Mahasiswa memperkenalkan lagu "Pong Dang" atau suara melempar batu ke kolam.

Para mahasiswa Korsel juga mengajarkan permainan Yoo Nori atau catur ala Korea yang dimainkan oleh laki-laki dan perempuan masing-masing tiga orang. Permainan ini umumnya dimainkan oleh warga Korea pada hari raya Sulnal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com