Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubur-ubur Serang Pantai Gunung Kidul

Kompas.com - 30/06/2011, 21:59 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Sejumlah wisatawan di Pantai Baron, Krakal, dan Kukup, Gunung Kidul, Kamis (30/6/2011) sore, terserang ubur-ubur atau oleh masyarakat lokal disebut impes. Akibat serangan tersebut, korban mengalami nyeri yang luar biasa pada persendian dan mengalami sesak nafas.

Serangan binatang beracun ini terjadi saat kondisi gelombang surut. Ubur-ubur berwarna biru dan berukuran kecil tersebut menarik perhatian wisatawan untuk memegangnya. Pengunjung yang tidak tahu kalau ubur-ubur bisa menyengat pun menjadi korban. Tak hanya itu, pengunjung yang sedang bermain air-pun tak luput dari serangan binatang yang suka bersembunyi di celah-celah karang ini.

Menurut salah satu petugas SAR Pantai Baron, Sukamto, akibat sengatan ini sebagian korban mengalami alergi di sekujur tubuh. Bahkan, ada yang sampai pingsan.

"Tadi ada dua wisatawan yang sempat sampai pingsan dan terpaksa dilarikan ke Puskesmas Tanjungsari untuk mendapatkan perawatan medis," kata Sukamto.

Ditambahkannya, ubur-ubur ini biasa muncul dan mendekati kawasan pantai dalam koloni yang besar pada bulan Juni hingga Agustus, di mana air laut sedang dingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com