Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Cendana Terbakar, Penumpang Panik

Kompas.com - 27/05/2011, 13:41 WIB

MADIUN, KOMPAS.com - Bus Cendana bernomor polisi AE 7149 UB dari perusahaan otobus Madjoe group, Jumat (27/5/2011) siang terbakar. Beruntung seluruh penumpang bus sebanyak 27 orang bersama tiga kru bus selamat. Mereka hanya mengalami shock, akibat panik. Namun kini kondisinya berangsur pulih setelah berhasil keluar dari dalam bus.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30 di Jalan Raya Madiun Surabaya kilometer 12 tepatnya di Desa Sumberbening, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Menurut saksi mata bus mengelua rkan percikan api di bagian belakang sebelah kanan hingga menghanguskan badan bus.

Penumpang bus Siti Alfiyah (30) mengatakan kebakaran diketahui pertama kali oleh penumpang yang duduk di bagian belakang. Ketika itu keluar asap putih dan bau menyengat dari bagasi bus. Karena asap terus membubung, para penumpang akhirnya berteriak meminta sopir menepi.

Saat itu juga sopir langsung menghentikan laju bus yang sedang dalam perjalanan dari Ponorogo menuju ke Surabaya ini. Beruntung pintu bus mudah dibuka sehingga penumpang langsung meloncat turun. Setelah mengeluarkan seluruh penumpang, kru bus langsung mencari air ke rumah warga sekitar dan mengguyurkannya ke titik kebakaran.

"Seluruh penumpang panik. Semua teriak-teriak dan berebut menuju ke pintu bus. Saya langsung tarik dua cucu saya tak memikirkan barang bawaan. Yang penting selamat dulu, saya sudah ketakutan," kata Supadi (57) sambil mendekap cucunya Dinda (2,5) dan Dirly (3,5).

Maskan, kondektur bus patas ini, mengatakan, pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran. Diperkirakan munculnya api dipicu oleh korsleting salah satu kabel yang ada di bagian bagasi. Ia memastikan kondisi bus dalam keadaan laik jalan ketika keluar dari garasi.

Bus yang terbakar ini untuk sementara waktu diparkir di lokasi kejadian dalam rangka membantu kepentingan penyidikan polisi. Adapun sopir bus bersama kru telah dimintai keterangan di Polsek Balerejo. Sementara itu para penumpang langsung melanjutkan perjalanan menggunakan bus Cendana bernomor polisi AE 7225 UB yang sengaja dikirim oleh perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com