Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Ulat Bulu Raksasa Terus Meluas

Kompas.com - 25/05/2011, 21:30 WIB

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Setelah ribuan pohon mete seluas 3 hektar di Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, diserang ulat bulu, kini Dusun Sambeng IV, Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, menyusul diserang.

Dari pantauan di lapangan, Rabu (25/5/2011), ulat bulu tersebut seperti yang menyerang di Kecamatan Semanu. Surono (35), warga Dusun Sambeng IV, menjelaskan, serangan ulat bulu terjadi sejak lima hari terakhir.

Menurut dia, serangan ulat bulu tergolong cepat dan warga hanya melakukan pemberantasan secara manual dengan membakarnya.

"Banyak warga jadi takut melintas jalan yang di pinggirnya tumbuh tanaman mete tersebut mengingat berada di tengah permukiman warga," kata Surono.

Sementara serangan ulat di Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, yang menjadi sumber serangan ulat raksasa tersebut, kini semakin merembet ke permukiman warga.

Salah satu warga Dusun Mojo, Agus Sunarso (45), mengatakan, sejak hari ini ratusan ulat bulu sudah berada di area pekarangannya yang berjarak sekitar 100 meter dari perkebunan mete yang terserang ulat raksasa berwarna coklat tersebut.

"Agaknya memang meluas, Mas, sebab hari kemarin, Selasa (24/05/2011), belum ada di pohon mete saya, tetapi sekarang ada," pungkasnya.

Agus Surono menambahkan, serangan ulat bulu sudah ke Dusun Mojo yang terletak tak jauh dari Dusun Semuluh Lor dan Kidul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com